Cara Memblokir Rekening Penipu Lewat HP Terbukti Berhasil – Kedai Apple

  • Share

Cara Memblokir Rekening Penipu Lewat HP Terbukti Berhasil – Kedai Apple.

Saat ini sedang maraknya terjadi penipuan online. Apabila kamu salah satunya, kamu dapat mencoba cara memblokir rekening penipu lewat hp. Beberapa layanan provider memiliki fitur blokir sms telepon untuk nomor hp yang melakukan penipuan. Sedangkan untuk blokir rekening bank penipu, kamu dapat melaporkannya pada polisi atau ke bank langsung.

Banyak sekali modus penipuan yang mengarahkan korban untuk mengirim sejumlah uang pada rekening si penipu. Kamu bisa mendapatkan kembali uang yang terlanjur ditransfer pada penipu dengan melaporkannya segera ke kantor cabang terdekat. Selain itu kamu juga dapat memblokir nomor telepon penipu melalui SMS. Berikut cara-caranya.

Cara Memblokir Rekening Penipu Lewat HP

1. Cara Blokir Nomor HP Penipu Lewat SMS

Blokir Nomor HP Penipu Lewat SMS
Sumber foto : Paradacreativa.es

Terdapat 3 layanan provider yang menyediakan fitur blokir nomor hp penipu lewat SMS. Nomor telepon milik penipu akan segera terblokir setelah tervalidasi, caranya:

1. Telkomsel

Kirim sms ke 1116 dengan format:
Penipuan#nomor penipu#keterangan penipuan

2. Indosat

Kirim sms ke 726 dengan format:
SMS#nomor penipu#keterangan penipuan

3. XL

Kirim sms ke 5883 dengan format:
Lapor#nomor penipu#keterangan penipuan

2. Cara Memblokir Rekening Penipu di Bank

Cara Memblokir Rekening Penipu di Bank
Sumber foto : Bursabisnis.id

Selain memblokir nomor HP, kamu juga bisa memblokir rekening bank si penipu. Yang pertama adalah dengan menelepon bank penerima. Ungkapkan bahwa kamu baru saja terkena penipuan dengan nominal yang telah ditransfer. Kemudian tanyakan apa saja persyaratan untuk mengajukan pengembalian dana. Adapun langkah-langkah dalam mengajukan laporan penipuan ke bank adalah sebagai berikut:

  1. Mempersiapkan bukti transaksi.
  2. Mempersiapkan data penipu (nama, nomor rekening, nomor telepon, email atau lapak online).
  3. Melengkapi syarat dokumen pribadi (fotokopi KTP, bukti chat/telepon kronologi penipuan, surat keterangan laporan ke polisi setempat, dan surat permintaan blokir bertandatangan di atas materai).
  4. Datangi kantor cabang bank penerima dengan menyerahkan semua dokumen.
  5. Tunggu proses hingga selesai.

Biasanya bank penerima akan terlebih dahulu mempertemukan kamu dengan si penipu supaya dapat saling mengklarifikasi. Atau jika tidak bertatap muka langsung, maka dilakukan melalui teleconference. Jika laporan serta dokumen telah terverifikasi memenuhi syarat, maka kamu akan mendapatkan kembali dana transferan ke rekening bank kamu.

Begitulah cara memblokir rekening penipu lewat hp. Sebelum laporan ke bank, terlebih dahulu kamu melapor kehilangan pada polisi terdekat. Semoga bermanfaat.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *