Instagram Minta Pengguna Konfirmasi Tanggal Lahir, Ini Alasannya – Kedai Apple

  • Share

Instagram Minta Pengguna Konfirmasi Tanggal Lahir, Ini Alasannya – .

Jakarta, – Instagram akan mewajibkan pengguna untuk mengonfirmasi tanggal lahir di platformnya. Menurut Instagram, penambahan ini bertujuan untuk melindungi keamanan pengguna khususnya mereka yang masih berusia remaja atau di bawah umur.

Dikutip dari The Verge, Selasa (31/8/2021), Instagram telah lebih dulu memuat ketentuan penggunaan bagi mereka yang masih berusia remaja dan anak-anak di bawah 13 tahun. Terlebih setelah desakan anggota parlemen Amerika Serikat (AS) yang menilai Facebook dan Instagram tak serius melindungi pengguna anak-anak di platform mereka.

Nantinya Instagram akan menanyakan ulang tahun untuk memastikan aplikasi telah memberikan pengalaman yang tepat sesuai usia pengguna. Meski pembaruan ini bisa diabaikan, tetapi jika pengguna ingin terus menggunakan akun mereka, maka ia diwajibkan untuk menambahkan tanggal lahir ke laman profil mereka.

Bulan lalu, Instagram mengatakan bahwa akun milik pengguna di bawah 16 tahun akan langsung disetel sebagai akun pribadi saat pertama kali bergabung. Tujuan Instagram untuk menyesuaikan berbagai konten yang muncul dengan umur penggunanya.

Baca Juga: Instagram Ganti Cara Swipe Up Stories dengan Stiker Link pada 30 Agustus

“Nantinya, jika seseorang memberi tahu kami bahwa mereka di atas usia tertentu, dan teknologi kami memberi tahu kami sebaliknya, kami akan menunjukkan kepada mereka menu opsi untuk memverifikasi usia mereka. Pekerjaan ini masih dalam tahap awal, dan kami berharap akan terus mengembangkannya,” ujar Instagram.

Pada saat tertentu, pengguna juga diminta untuk mengonfirmasi kembali tanggal lahir mereka jika mengakses konten tertentu yang bersifat sensitif. Termasuk kemungkinan adanya pengguna yang memasukkan tanggal lahir palsu.

Belum lama ini media sosial milik Facebook itu juga memperkenalkan fitur untuk mencegah orang asing dewasa mengirim pesan kepada remaja. Instagram juga sedang dalam tahap awal mengembangkan versi layanannya untuk pengguna di bawah usia 13 tahun, yang telah memicu kekhawatiran dari anggota parlemen dan pejabat lainnya di beberapa negara.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *