Jenius & Bank Lainnya Berkolaborasi Edukasi Keamanan Konsumen – Kedai Apple

  • Share

Jenius & Bank Lainnya Berkolaborasi Edukasi Keamanan Konsumen – Kedai Apple.

Jakarta, Kedai Apple – Dari banyaknya dampak yang diberikan oleh pandemi COVID-19, salah satu dampak positif adalah percepatan metode pembayaran digital serta elemen lainnya yang mendukung, termasuk layanan perbankan digital. Mulai dari aplikasi sampai proses membuka rekening, bisa dilakukan secara virtual tanpa perlu bertatap muka.

Selain berikan kemudahan dan proses yang efisien, seluruh kemampuan pembayaran digital juga permudah masyarakat untuk mendapatkan sesuatu yang mereka inginkan. Namun begitu, perlu diberikan keamanan baik dari sisi penyedia, maupun melalui bentuk edukasi kepada para penggunanya. Dibutuhkan solusi kolaboratif antara kedua pihak, demi wujudkan ekosistem digital dan perbankan yang aman.

Untuk itu, Jenius dari Bank BPTN bersama dengan blu by BCA Digital, BCA, BNI dan Twitter Indonesia mengadakan sebuah program kolaborasi khusus, sekaligus merayakan momen Hari Pelanggan Nasional. Lewat kampanye edukasi #DatamuRahasiamu, kegiatan ini terinspirasi dari Bank Indonesia, yang menjadi pencetus pesan keamanan bagi masyarakat Indonesia supaya makin waspada dari modus penipuan.

Baca juga: Jenius: Pandemi, Pengguna Beradaptasi Kelola Keuangan dengan Transaksi Nontunai

Diperlukan Kolaborasi Antar Penyedia Layanan

Irwan S. Tisnabudi, Digital Banking Head Bank BTPN dalam acara peluncuran kolaborasi kampanye edukasi #DatamuRahasiamu

Dalam sebuah kesempatan daring (8/9), Anton Daryono, Direktur Pengawasan Sistem Pembayaran dan Pengawas Spesialis – DSSK (Departemen Surveilans Sistem Keuangan) Bank Indonesia mengatakan bila adanya akselerasi digital perlu diikuti dengan kewaspadaan akan beragam modus kejahatan siber yang terus berkembang.

Pihaknya menyambut baik dan mendukung penuh inisiatif kolaborasi kampanye #DatamuRahasiamu. “Semoga melalui kolaborasi ini, edukasi mengenai keamanan perbankan dan pentingnya menjaga data pribadi semakin diterima oleh masyarakat yang lebih luas lagi,” tambah Anton. Jenius selaku salah satu layanan perbankan digital juga menyambut baik, mengingat semangat kolaborasi juga selalu ditekankan dalam pengembangannya.

Jenius pun telah menyiapkan halaman khusus untuk memberikan tips baik dalam bentuk video maupun poin singkat, terkait cara untuk melindungi diri ketika sedang bertransaksi, maupun bagaimana Jenius melindungi penggunanya. Ke depannya, Jenius juga bakal terus menambah fitur keamanannya, bersama demi terwujudnya ekosistem perbankan yang aman.

Sementara itu, Duardi Prihandiko, Head of Marketing & Communication BCA Digital mengatakan bila pihaknya bersama-sama akan melakukan pendekatan komunikasi yang variative dan relevan, untuk jangkau masyarakat seluas-luasnya. “Penting bagi masyarakat modern untuk selalu mengikuti perkembangan berita dan teknologi agar tidak memberi celah untuk oknum yang tidak bertanggungjawab.”

Twitter Indonesia Turut Berpartisipasi dalam Kolaborasi Ini

Peluncuran Kolaborasi Kampanye Edukasi #DatamuRahasiamu

Tak hanya dari sektor perbankan saja, Twitter Indonesia turut berpartisipasi sebagai salah satu media sosial yang paling banyak digunakan oleh masyarakat, alias sebagai penyedia layanan digital yang masih terkait. Pihaknya mengatakan bila prioritas utamanya adalah menjaga agar semua orang tetap aman dan terlindungi.

Dwi Adriansah, Country Industry Head, Indonesia, Twitter mengatakan, “dengan berkolaborasi di kampanye #DatamuRahasiamu, Twitter berkomitmen untuk menjadi bagian dari peningkatan kesadaran masyarakat agar lebih mengerti mengenai betapa pentingnya menjaga keamanan data, terutama ketika sedang berada di ranah digital.”

Kolaborasi edukasi ini merupakan awal dari kegiatan edukasi keamanan yang bakal dilangsungkan secara berkelanjutan. Program kolaborasi lintas institusi dan sektoral tersebut juga secara simbolis ditandai dengan penggunaan logo kampanye edukasi #DatamuRahasiamu. Ke depannya, bakal ada kegiatan edukasi lain baik dilakukan secara masing-masing, maupun kegiatan bersama.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *