Review Razer Barracuda X: Headset Gaming Wireless Harga 1699000

  • Share

Review Razer Barracuda X: Headset Gaming Wireless Harga 1699000.

Buat kamu yang hobi bermain game, memiliki aksesoris seperti headset gaming tentunya bisa menambah keseruan dalam bermain. Namun tak jarang headset gaming yang dipakai tak semuanya kompatible dengan perangkat gaming yang berbeda. Headset Razer Barracuda X bisa jadi pilihan yang cocok.

Menjawab kebutuhan para gamer, Razer merilis headset gaming nirkabel teranyarnya melalui seri Razer Barracuda X. Dilengkapi dengan konektivitas nirkabel USB-C, headset ini bisa disandingkan pada perangkat mulai dari PC, PlayStation, Nintendo Switch dan smartphone android.

“Razer Barracuda X mengombinasikan fitur bermain game dengan performa tinggi dan sebuah koneksi nirkabel untuk 4 perangkat sekaligus dengan desain serta kemudahan dari sebuah headphone untuk penggunaan sehari-hari,” kata Alvin Cheung, Wakil Presiden Senior divisi bisnis periferal Razer, beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Razer Hammerhead True Wireless 2nd Gen, TWS Gaming dengan Lampu RGB

Desain

Razer Barracuda X

Razer Barracuda X hadir dengan tampilan low profile, yang bisa terlihat dari absennya LED RGB khas Razer pada bagian logo ular berwarna hijau. Meski demikiam, Barracuda X tetaplah headset gaming wireless yang tampil elegan dibalut warna matte black.

Bukan hanya tampil elegan, tetapi bobotnya juga sangat elegan atau ringan di angka sekitar 250 gram. Untuk build quality headset ini terbilang premium, hal itu terbukti dari housing earcup dengan model over-ear yang terasa solid ketika dipakai.

Bantalan telinga menggunakan FlowKnit Memory Foam yang tebal dan empuk, sehingga terasa pas saat dipakai. Jadi, tidak menimbulkan rasa panas di telinga apabila dipakai untuk penggunaan waktu yang panjang atau lama karena sirkulasi udara bisa terjaga dengan baik.

Cushion di earcup cukup membantu dalam meredam suara bising di sekitar karena sayangnya Razer Barracuda X tidak memiliki active noise cancelling. Adjuster headband yang disediakan cukup panjang sehingga bisa digunakan mereka yang memiliki ukuran kepada besar.

Pengoperasian

Headset Razer Barracuda X

Razer Barracuda X bisa dibilang sebagai headset yang plug-and-play, alias bisa langsung colok dan pakai di perangkat apa pun. Untuk situasi di mana koneksi USB-C tidak tersedia, Barracuda X dilengkapi dengan kabel adaptor USB-C ke USB-A, ideal untuk PC atau Nintendo Switch pada dock.

Untuk kompatibilitas lebih lanjut, headset ini juga dilengkapi jack audio 3,5 mm sehingga bisa terkoneksi secara analog bila dibutuhkan. Material kabel yang digunakan terasa solid alias tidak mudah putus.

Di sisi earcup bagian kiri terdapat tombol kontrol yang memiliki fungsi multimedia di sebelah kiri. Menariknya, Razer menyematkan wheel scroller untuk mengatur volume audio dan tombol mute. Format kontrol semacam ini terbilang ergonomis, apalagi ada lubang untuk detachable mikrofon yang bisa dilepas pasang sehingga cocok untuk penggunaan kasual seperti zoom meeting.

Baca Juga: Razer Opus X, Headphone Gaming Nirkabel dengan ANC Harga Sejutaan

Kualitas Audio

Razer Barracuda X

Di atas kertas, headset Barracuda X hadir dengan teknologi audio Razer paling mutakhir. Menggunakan driver Razer Triforce 40mm, di mana headset ini memberikan performa audio kelas atas dan memiliki frekuensi high, mid, serta low yang bisa disetel secara spesifik.

Untuk pemakaian casual, suara yang dihasilkan terasa jelas dan tidak terkesan muddy, midrange vokal cukup kaya dengan treble bass yang cukup kuat. Jelas memberikan pengalaman audio yang imersif dan jernih di bagian kiri atau kanan headset.

Mengingat desainnya yang over-ear, sound stage yang dihasilkan Barracuda X terdengar luas. Jadi pengguna kasual bisa menikmati berbagai genre musik entah itu Pop? R&B? EDM? tentu akan sangat cocok dengan headset ini, apalagi tampilannya yang low-profile.

Sebagai headset gaming, kualitas audionya sangat responsif mengikuti gameplay yang berlangsung nyaris tidak terasa ada input lag saat bermain kompetitif. Soal daya tahan baterainya yang diklaim hingga 20 jam menurut kami benar karena terbukti headset gaming wireless ini bisa mendampingi kebutuhan kami seharian.

Kesimpulan

Razer Barracuda X

Dibanderol dengan harga Rp1,7 jutaan, headset gaming wireless ini bisa jadi pilihan yang menarik untuk para gamer. Desainnya yang ergonomis dengan kemudahan konektivitas di semua platform dan konsol membuat gamer hardcore maupun pengguna kasual akan sangat dimanjakan.

Headset ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. Bagi gamer hardcore headset ini cocok untuk gaming kompetitif atau sekadar mendengarkan musik dari berbagai genre. Buat pengguna kasual headset ini juga bisa dipakai saat zoom meeting, dengan mikrofon yang bisa lepas pasang tanpa mengurangi kualitas suaranya.

Spesifikasi Razer Barracuda X
Headphones:
– Frequency response: 20 Hz – 20 kHz
– Impedance: 32 Ω @ 1 kHz
– Sensitivity: 96dBSPL/[email protected] by HATS
– Drivers: Customized Dynamic 40mm Driver
– Inner ear cup diameter: 60 x 40mm
– Connection type: USB Type C or wired 3.5mm connection
– Cable length: 1.5m / 4.92 ft
– Approx. weight: 250g / 0.55lbs
– Oval ear cushions: Full-ear coverage with fabric and plush leatherette, for sound isolation and comfort
Microphone
– Frequency response: 100 Hz – 10 kHz
– Signal-to-noise ratio: ≥ 60 dB
– Sensitivity (@1 kHz): -42 ± 3 dB
– Pick-up pattern: Unidirectional
Audio Usage
– Wireless audio usage: USB-C dongle
– Wired audio usage: 3.5mm analog
-Surround sound: Only available on Windows 10 64-bit

Cek Harga Razer Barracuda X di e-commerce: 

Tokopedia Shopee

The Review


Razer Barracuda X

PROS

  • Tampilan Ergonomis
  • Aksesoris yang lengkap
  • Konektivitas Nirkabel Type-C
  • Microfon detachable

CONS

  • Tak ada konektivitas Bluetooth
  • Tanpa LED RGB

Review Breakdown

  • Desain
    0%
  • Kualitas Audio
    0%
  • Kenyamanan
    0%
  • Fitur
    0%
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *