Review realme GT Master Edition: Flagship Killer dengan Spesifikasi Harga Terbaik

  • Share

Review realme GT Master Edition: Flagship Killer dengan Spesifikasi Harga Terbaik.

Ketersediaan smartphone “flagship killer” nampaknya semakin banyak. Pasalnya, segmen tersebut memungkinkan konsumen untuk merasakan pengalaman menggunakan flagship dengan harga yang lebih terjangkau. Salah satu pendatang terbaru kali ini adalah realme GT Master Edition.

Hadir dengan tujuan sebagai 5G flagship killer yang paling stylish & terjangkau, realme GT Master Edition dirancang khusus oleh desainer ternama, mengusung chipset terbaru dari Qualcomm yang kencang plus mendukung 5G. Dua kombinasi yang sangat menarik, masih ditambah dengan kamera yang dirancang cocok bagi peminat street photography.

Karena bukan seutuhnya flagship, tentu selain membawa kelebihan, ada beberapa kekurangan yang menegaskan kembali kelas perangkat ini. Berikut impresi lengkap dari realme GT Master Edition.

Desain

realme GT Master Edition

Ada sesuatu yang sangat menyegarkan ketika pertama kali menggenggam dan melihat desain realme GT Master Edition ini. Ya, Gizmo friends mungkin sudah bisa melihat bila desain bodi belakang smartphone ini dirancang beda, khususnya untuk opsi warna Voyager Grey.

Varian ini dirancang spesial oleh Naoto Fukasawa, desainer ternama di Jepang yang sebelumnya telah merilis opsi warna spesial di beberapa seri realme. Khusus realme GT Master Edition, inspirasinya datang dari sebuah benda yang mungkin sudah jarang kita gunakan selama pandemi, yaitu koper. Merupakan bagian dari liburan yang memiliki peran penting di hidupnya.

Tak hanya secara tampilan, permukaannya dibuat timbul menggunakan material kulit vegan—pertama di industri, ketika yang lain mungkin hanya pakai permukaan datar saja. Selain menarik dilihat, menjadikannya bebas sidik jari serta menambah grip agar tak licin di tangan.

realme GT Master Edition juga punya profil sangat tipis, tak sampai 9mm, dengan bobot kisaran 178 gram. Menggenggam smartphone ini terasa sangat nyaman di tangan. Bila membutuhkan perlindungan ekstra, soft case bawaan juga dirancang senada dengan bodi belakangnya. Jadi walaupun dengan case, bakal tetap kece.

Secara mengejutkan, saya bisa menemukan jack audio 3,5mm yang sudah mulai jarang tersedia, apalagi di smartphone dengan profil tipis. Sensor sidik jari juga tentunya sudah disematkan di dalam layar (in-display), dengan kecepatan dan tingkat reliabilitas tinggi khas smartphone realme.

Layar

realme GT Master Edition

Secara tampilan, layar realme GT Master Edition tergolong mirip dengan seri smartphone premium realme lainnya. Punya bezel tipis (kecuali bagian bawah yang sedikit tebal) plus setup kamera punch-hole. Dengan dimensi 6,43 inci, layar ini sangat memanjakan mata.

Selain resolusi full HD+, refresh rate-nya kini bisa mencapai maksimum 120Hz. Meski sebelumnya saya menggunakan layar 90Hz, kehalusan konten saat sedang digulirkan (scrolling) terlihat bedanya. Ditambah dengan kualitas panel Super AMOLED-nya yang baik, gunakan standar DCI-P3 yang akurat.

Penggunaan luar ruangan tak jadi masalah berkat kecerahan maksimum 1000 nits, dan tingkat responnya pun tinggi karena sudah mendukung 360Hz touch sampling rate. Yang baru saya temukan di realme GT Master Edition adalah mode “Bright HDR video”, bisa ditemukan pada menu settings. Tak sekadar mendukung konten HDR, smartphone ini juga bisa tingkatkan kecerahan layar khusus konten tersebut.

Kalau khawatir dengan konsumsi daya berlebih, bisa aktifkan mode otomatis agar refresh rate menyesuaikan konten aplikasi. Kamu juga bisa lakukan personalisasi tampilan always-on display dengan tingkat kustomisasi ekstensif, plus “Edge lighting” yang bisa kasih efek cahaya di pinggir layar saat ada notifikasi masuk, memberikan kesan mewah.

Kamera

realme GT Master Edition

realme GT Master Edition memiliki total empat sensor kamera; satu di depan dan tiga di belakang. Sensor utamanya beresolusi 64MP f/1.8 dengan dimensi fisik sensor 1/2 inci. Sementara dua sensor lainnya adalah 8MP f/2.3 ultra wide-angle serta 2MP macro dengan jarak focus 4cm.

Fitur kameranya sendiri sudah sangat lengkap, setara smartphone kamera flagship. Selain mode malam dan mode expert dengan format RAW, kini terdapat satu opsi baru yaitu street mode. Sesuai namanya, cocok bagi kamu yang hobi atau sedang mendalami street photography.

Saat diaktifkan, tampilannya disesuaikan dengan parameter-parameter khusus untuk memudahkan pengambilan foto. Format RAW, filter khusus seperti Cyberpunk dan mode pengambilan fokus manual dengan focus peaking bisa ditemukan pada bagian atas. Sementara di atas tombol shutter, indikator zoom digantikan dengan 16mm, 24mm, 50mm & 120mm.

Saya sendiri lebih suka ambil foto dengan pembesaran 50mm, sehingga mode yang sebenarnya simpel ini cukup memudahkan. Lalu bagaimana dengan hasil fotonya? Tone warna secara general cukup vivid, nggak perlu aktifkan AI Scene Enhancement kalau nggak pengin jadi makin gonjreng.

Detailnya sendiri tergolong baik, hingga pembesaran digital 2x sekalipun. Mode HDR cukup efektif seimbangkan eksposur, sementara mode malam juga dapat tambahkan kecerahan dan detail foto di kondisi kurang cahaya. Hanya saja terkadang proses penyimpanan foto membutuhkan waktu ekstra 2 – 3 detik, masih wajar.

Hasil foto lengkap dari kamera realme GT Master Edition bisa kamu akses pada album berikut ini.

F0FarpiseP7Eo7CnTz aRmiEFFWFS5gCCCiWicyF6b gPWEW s5UaEPqvgBZZScZLWUjCpSlFfkGS27GRW5cvnRRJCz6GUWvJ9oxEWEHGu5JhFgDjf2sNU WBe vHW9pwtRmKeRXRkM=w1024 h768 p k
Menggunakan sensor ultra-wide.
4VUxBzmqTCHH3fOcoEFXWFAoQ9qVwKBBQfk5Ah3wC4AM XDncinjlwY7apGI XuLH8pd3tqawF0Y7IM5SXhiauutPgO9gCnJze3eTm 8Nxf289GBcfsVLsj4cuMsdkdVeHRuTDqQ8k=w1024 h768 p k
Sensor utama, sekaligus uji kemampuan HDR.

 

jzq71FgVqKHLSVG 0L5f2ISvTMvwda9hnAU3DtFwxIN1J0nnMpQ1juZzIwPYXllxRkc6DPWKulMRTkhTiFp5 iedVPa91ZHYcSNqgbgpSmoSmjDxyzEc2IV6kA5iQwfL3j4B G4w0PA=w1024 h768 p k
2x zoom.
Y9rYYwE eWIvYJhZBFNnWZGuhyUBIhtBO0Cx8zeqHGxt1XOqX wnDQgTqaUnCdvt6Xet8ssbyypSAuu3VxnnhTqHDQqII9EKGUjNio2iD58zvyOTSNb6jTU3tnkIvacdMH6E7gLjsSA=w1024 h768 p k
Menggunakan street mode, 50mm & preset filter tambahan.

 

rHqa8NEvys6xltP2U2etNivxc1IhJB8 r 5bH m1w9CzKCOLQa1eBXkbXf2Pdw2dzLGI RGeVOgEzDKJZ2MqUA86lBFGhRfRsO9rRrv2d C1uegM47AKmNL4h7STnW23oiNxDdN6 WU=w1024 h768 p k
Kondisi cahaya gelap pekat, tanpa mode malam.
YwiS41XJ ihrNf4dSuDvi35IaIRJVeGekAek0 4uLZOAhUxM1YPzxrWAzCcF1v8FB6tqp hfMdTvajP i1SOu9KNW6U0PnvjOB0Q82tzJwOPTFiedfP5FJDp7PvtYQE2THNkH ChTQg=w1024 h768 p k
Dengan mode malam.

 

Y2euBMH9TchQ gST68AuVzAycDF5ocXZl0avVLXi9pxYDhvoNdomfv1XVOIG2KeGayGLhmvaj0dICyEeNXO3Fqs 9EekU3n79AZy NI5PtZEAZgectozaD8E6KvQevhWnJB5lmmUgH8=w1024 h768 p k
Ultra-wide dengan mode malam.
GLIiDx7ZbyTVP6eVCe8T sJTPoRfjd8A4JV8naVPCPACuZ7r2svBlS 1LyOS1y1zF2F2qWxHlUwWeJ1j5EFGSlb7dF6fVAFKRkbj Vt2ZVbGmqzJP7P5eOolKzaanY3yw0J830hH TE=w1024 h768 p k
Menggunakan fitur Bokeh Flare Portrait dari kamera belakang.

 

FjG7uyDOYUagld5whUrBuDzapGxf2C8cWQMxcHRNUTIsw8cqHYdY S6jzK5JypjChF CALD6QGUEXkrOTiVuqYdK3HDjL91SSC8uIMx B8UnVOWwXYyhxbwreeWyTSYO fk7CXxhX4I=w1024 h768 p k
Kamera depan dengan sensor Sony mampu berikan ketajaman yang baik.

Sensor ultra wide-angle tentu punya karakteristik foto lebih halus mengingat resolusi lebih rendah, begitu pula dengan sensor macro. Sementara hasil foto potret terlihat sama seperti smartphone dengan depth sensor, walaupun sensor ini absen di realme GT Master Edition.

Foto wajah sendiri cenderung dibuat lebih cerah, bisa jadi nilai plus atau minus sesuai selera. Nilai plus lainnya adalah filter potret khusus yang bisa diterapkan saat ambil foto, seperti AI Color Portrait, Bokeh Flare Portrait dan Dynamic Bokeh. Lalu untuk video, perekaman maksimumnya bisa mencapai 4K 30fps atau 1080p 60fps.

Ingin tingkatkan kecerahan dalam kondisi malam hari tanpa lampu kilat? Bisa aktifkan AI Highlight Video yang punya dua algoritma untuk HDR dan Ultra Night. Fitur Dual View Video juga bisa dimanfaatkan untuk rekam momen dari kamera depan & belakang secara bersamaan. Yang sedikit disayangkan, realme GT Master Edition belum dapat berpindah dari sensor utama ke ultra wide-angle ketika proses rekam video.

Fitur

realme GT Master Edition

Sebelum lebih jauh membahas fitur-fitur yang bisa ditemukan lewat realme UI 2.0, saya ingin berterima kasih kepada realme karena sudah kasih vibration motor yang benar-benar nyaman. Sudah sesuai kelas flagship, jadi nyaman untuk diaktifkan termasuk ketika mengetik lewat virtual keyboard.

Yang sedikit saya sayangkan adalah belum adanya setup speaker stereo. Meski bisa diakomodir lewat dua poin; speaker mono yang berada di bawah punya kualitas cukup baik, dan keluaran suara dari jack audio 3,5mm juga melebihi ekspektasi saya. Cocok dengan earphone favorit dan bisa dimaksimalkan lewat Real HD Sound.

Untuk tampilan antarmukanya sendiri, saya rasa realme UI 2.0 merupakan salah satu yang terbaik, bisa berikan fitur yang bejibun namun tetap terlihat clean. Personalisasi tampilan seperti tema hingga font ditampilkan dalam satu halaman ringkas, fitur keamanan seperti Private Safe dan Kid Space pun ada agar data aman dari anak.

Tak ingin menerima rekomendasi sejenis iklan pada beberapa aplikasi bawaan? Cukup matikan opsi “Get recommendations”. Ingin multitasking secara maksimal? Selain split screen, kamu juga bisa gunakan opsi floating window untuk jalankan aplikasi dalam bentuk jendela kecil di atas aplikasi lainnya.

Sedang menunggu proses masuk ke dalam gim dan ingin akses aplikasi lainnya? Fungsi Game Quick Touch memungkinkan hal tersebut. Kamu bisa buka aplikasi lain dan kembali ke gim ketika proses loading selesai tanpa terhenti.

Sedikit catatan lain, smartphone ini tak dilengkapi slot kartu microSD ya, alias hanya dua slot nano SIM saja. Bagi saya pribadi tak begitu masalah, mengingat kapasitas penyimpanan internal 256GB sudah sangat lega. Dan tak perlu khawatir, realme GT Master Edition sudah 5G ready, dengan opsi 5G yang sudah bisa diaktifkan sejak pertama kali dinyalakan.

Performa

Skor Antutu realme GT Master Edition

Jadi yang pertama di Indonesia, realme GT Master Edition mengusung chipset terbaru dari Qualcomm, yaitu Snapdragon 778G. Selain sudah efisien daya berkat fabrikasi 6nm, CPU-nya juga sudah pakai arsitektur octa-core dengan Kryo 670, dengan inti terbaik pakai Cortex-A78 hingga 2,4GHz.

Sementara GPU yang digunakan adalah Adreno 642L, di mana “L” bisa diterjemahkan sebagai lower clockspeed. Lantas bagaimana dengan performanya? Baik untuk multitasking maupun bermain gim, realme GT Master Edition dapat melibasnya dengan nyaman.

PUBG Mobile bisa berjalan dengan lancar menggunakan setting grafis HDR – Ultra, termasuk Genshin Impact dengan rata-rata fps melebihi 30. Suhu bodi pun cukup terjaga, berkat system pendingin vapor chamber yang terdiri dari pendingin lima lapis.

Meski kapasitas RAM-nya tertulis 8GB, kamu bisa meningkatkannya lewat teknologi Dynamic RAM Expansion (DRE). Dengan mengambil memori yang tidak terpakai dari penyimpanan internal, fitur ini dapat mengambil 2 – 5GB, sehingga kapasitas RAM maksimum bisa ditingkatkan sampai 13GB.

Selain fitur Game Assistant yang bisa atur tampilan notifikasi serta touch sampling rate, realme juga berikan pintasan mode khusus, GT Mode pada bar notifikasi. Dalam satu sentuhan, kinerja CPU bakal dimaksimalkan, otomatis gunakan refresh rate tertinggi plus peningkatan berbasis software lainnya.

Baterai

realme GT Master Edition

Tipis, kencang, terus gimana dengan performa baterainya? Dengan kapasitas baterai 4,300 mAh, sudah cukup untuk membuat realme GT Master Edition tahan digunakan seharian penuh dengan screen-on time kisaran 5 jam. Termasuk mengaktifkan always-on display dan refresh rate 120Hz.

Bisa sedikit lebih boros kalau dipakai main gim, atau lebih irit saat dua fitur di atas disesuaikan. Harusnya sih bakal tetap irit, mengingat chipset yang digunakan tergolong baru dan dirancang hemat daya. Ketika perlu isi daya, SuperDart 65W datang membantu. Menjadi salah satu daya jual utama smartphone realme terbaru satu ini.

Lewat arus tinggi, proses pengisian daya dari 5% sampai penuh hanya membutuhkan kisaran waktu 30 menit aja, nggak perlu takut panas karena sudah dirancang aman lewat adapter dan kabel khusus. Takut overcharge? Fitur “Optimized night charging” bakal otomatis hentikan pengisian daya di batas tertentu tengah malam, dan baru terisi penuh pada pagi hari. Saya sendiri jarang pakai—cukup isi di pagi hari saja, sebentar juga sudah penuh.

Kesimpulan

Kelengkapan realme GT Master Edition

Merupakan sebuah kemewahan tersendiri untuk dapat menggunakan sebuah smartphone yang punya desain stylish nan anti-mainstream, diimbangi dengan setup kamera berkualitas plus performa kencang. realme GT Master Edition mampu membawa semua poin tersebut, dengan harga lebih murah dari flagship lainnya.

Bahkan bisa membawa fitur ekstra lain seperti NFC dan jack audio 3,5mm, meski memang ada sedikit kekurangan lain seperti setup speaker mono dan absennya slot kartu microSD. Saya rasa, realme GT Master Edition tak hanya bisa menyasar mereka yang cari smartphone dengan desain unggulan, namun juga beragam fitur lain yang dibawanya. Seperti mode video kamera lengkap plus fitur gaming unggulan.

Tertarik untuk membeli realme GT Master Edition? Gizmo friends bisa mendapatkannya melalui early bird sale yang diadakan secara eksklusif di Shopee dan situs resmi realme.com mulai hari ini (18/8) pukul 6 sore WIB.


Beli smartphone realme di e-commerce:

SHOPEE Lazada.co.id

Spesifikasi realme GT Master Edition

realme GT Master Edition
Klik pada gambar untuk spesifikasi lebih lanjut.

General


Device Type
Smartphone

Model / Series
realme GT Master Edition

Released
18 Agustus, 2021

Status
Available

Price
Rp4.999.000 (8/128GB); Rp5.299.000 (8/256GB)

Platform


Chipset
Qualcomm Snapdragon 778G 5G (6nm)

CPU
Octa-core (1×2.4 GHz Kryo 670 Prime & 3×2.2 GHz Kryo 670 Gold & 4×1.9 GHz Kryo 670 Silver)

GPU
Adreno 642L

RAM (Memory)
8GB (LPDDR4x dual channel)

Storage
256GB (UFS)

External Storage

Operating System
Android 11

User Interface
realme UI 2.0

Design


Dimensions
159.2 mm x 73.5 mm x 8.0/8.7 mm

Weight
174/178 gram

Design Features
Warna: Voyager Grey, Daybreak Blue
Vegan leather (Voyager Grey)

Battery
4,300 mAh
65W SuperDART Charge

Display


Screen Type
Super AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors, 120Hz refresh rate

Size and Resolution
6.43 inch, 2400×1080

Touch Screen
Yes

Features
409 ppi pixel density
91,7% screen-to-body ratio
Always-on display
HDR support
360Hz touch sampling rate

Network


Network Frequency
GSM, WCDMA, TD-LTE, FDD-LTE
GSM: 850/900/1800/1900MHz WCDMA: Bands 1/5/8 FDD-LTE: Bands 1/3/5/8 TD-LTE: Bands 38/40/41, 5G

SIM
Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)

Data Speed
5G

Camera


Multi Camera
Yes (Rear)

Rear
64 MP, f/1.8, 25mm (wide), 1/2", 0.7µm, PDAF; 8 MP, f/2.2, 16mm, 119˚ (ultrawide), 1/4.0", 1.12µm; 2 MP, f/2.4, (macro)

Front
32 MP Sony IMX615, f/2.5, 26mm (wide), 1/2.74″, 0.8µm

Flash
Yes

Video
4K, 30fps; 1080P, 30/60fps; 720P, 30/60/960fps; EIS

Camera Features
AI Beauty
UIS Video Stabilization
Video Bokeh
AI Scene Detection
Ultra Nightscape
Starry Mode
Expert Mode
Portrait Mode
HDR
Night Color Filter
Pro 64MP mode
Movie mode
Nightscape video
Tilt Shift
Timelapse tilt-shift
Starry time-lapse video
Dual View Video
Street Mode

Connectivity


Wi-fi
Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac/6, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot

Bluetooth
v5.2, A2DP, LE

USB
USB Type C

GPS
GPS, aGPS, GLONASS, BDS

HDMI
No

Wireless Charging
No

NFC

Infrared
No

Smartphone Features


Multimedia Features
– MP4/H.264/FLAC player
– MP3/eAAC+/WAV player
– Document viewer
– Photo viewer/editor

FM Radio
Yes

Web Browser
HTML5

Messaging
SMS (threaded view), MMS, Email, Push Email, IM

Sensors
Magnetic Induction Sensor / Light Sensor / Proximity Sensor / Gyro-meter / Acceleration Sensor / In-display Fingerprint Sensor / Compass

Disclaimer: artikel ini merupakan kerja sama dengan realme Indonesia

The Review


realme GT Master Edition

PROS

  • Desain stylish anti-mainstream
  • Layar Super AMOLED 120Hz
  • Performa kencang
  • 65W SuperDART Charge
  • Jack audio 3,5mm

CONS

  • Belum punya speaker stereo
  • Kualitas kamera bukan yang terbaik

Review Breakdown

  • Design
    0%
  • Display
    0%
  • Camera
    0%
  • Performance
    0%
  • Battery
    0%
  • Features
    0%
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *