Twitter Uji Coba Pemberian Reaksi Emoji, WhatsApp Menyusul – Kedai Apple

  • Share

Twitter Uji Coba Pemberian Reaksi Emoji, WhatsApp Menyusul – .

Jakarta, – Sebagai salah satu platform media sosial paling populer saat ini, Twitter kini sudah memiliki banyak perubahan dan penambahan fitur baru dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Mulai dari opsi monetisasi baru, dihapusnya fitur Fleet layaknya Stories di Instagram dan Facebook, sampai fitur uji coba yang diberikan kepada penggunanya.

Perkembangan fitur pada aplikasi maupun versi situs dari Twitter memang sangat dinamis. Uji coba fitur baru terus diberlangsungkan dan diberikan kepada para penggunanya, untuk langsung menentukan apakah fitur tersebut berguna dan perlu diimplementasikan ke depannya atau malah kurang diminati. Kali ini, percobaan Twitter terbaru adalah kemampuan berikan reaksi pada sebuah cuitan atau twit.

Seperti yang Gizmo friends ketahui, platform Twitter memang bisa dibilang yang paling simpel. Pengguna hanya bisa mengunggah satu twit yang panjangnya hanya 280 karakter saja, tak bisa sampai beberapa paragraph selayaknya postingan di Facebook atau caption Instagram. Medianya juga hanya empat foto atau satu video dengan maksimum durasi 140 detik saja.

Baca juga: Twitter Uji Fitur Komunitas Ala Grup Facebook

Lewat fitur reaksi baru yang sedang diuji coba kali ini, Twitter berikan cara baru bagi para penggunanya untuk mengekspresikan diri terhadap twit yang dibacanya. Selama ini, opsi tersebut hanya tersedia dalam bentuk retweet dan like saja. Umumnya, kedua opsi tersebut seolah menyatakan setuju. Terutama pemberian like yang memiliki emoji hati.

Baru Digulirkan Untuk Pengguna Twitter di Turki

Twitter emoji reactions

Bila ingin bereaksi lainnya, satu-satunya pilihan hanya dengan menyatakannya langsung lewat reply atau membalas sebuah twit. Nah, dengan emoji reactions yang satu ini, tombol like bakal berubah dan berekspansi, berikan tak hanya satu, namun lima reaksi berbeda agar lebih sesuai dengan perasaan diri.

Kelimanya adalah emoji hati, tepuk tangan, tertawa, sedih dan berpikir. Ya, Twitter tidak berikan opsi untuk emoji lain seperti marah atau berikan ibu jari mengarah ke bawah, demi menghindari potensi konflik yang dapat ditimbulkan. Saat ini, fitur tersebut sedang diuji coba khusus untuk para penggunanya di negara Turki.

Twitter emoji reactions
Opsi emoji yang lebih lengkap ada di Twitter DM.

Tersedia untuk aplikasi di Android, iOS dan versi web, tombol like akan tetap otomatis berikan hati saat disentuh. Untuk mengakses keempat emoji lainnya, diperlukan gestur sentuh dan tahan, membuatnya sangat mirip dengan Facebook.

Dikutip dari The Verge, pengujian ini hanya berlangsung dalam beberapa waktu saja. Meski begitu, bila hasilnya positif, Twitter bakal melakukan ekspansi agar lebih banyak pengguna di negara lain bisa juga menguji fitur pemberian reaksi satu ini.

WhatsApp Siap Implementasi Metode Serupa

Nah, selain Twitter, WhatsApp juga dikabarkan bakal implementasi fitur serupa di dalam aplikasinya. Diinformasikan oleh WABetaInfo, nantinya pengguna dapat berikan reaksi pada sebuah chat, selayaknya iMessage.

Dari unggahan twit di atas, disebutkan bila bentuk dari reaksi emojinya tak terbatas lima jenis seperti di Twitter, meski mungkin akan berubah nantinya saat sudah final. Bakal tersedia bagi pengguna Android & iOS, semua pengguna (dalam sebuah grup) juga bakal bisa melihat reaksi yang diberikan dari seluruh anggotanya.

Wajar saja bila hal ini sedang dalam proses pengembangan. Pasalnya, meski sama-sama dimiliki oleh Facebook, yang bisa berikan reaksi baru Instagram dan platform media sosialnya sendiri saja. Informasi yang disampaikan WABetaInfo banyak sekali yang akurat, meski terkadang baru diimplementasikan dalam bentuk final beberapa pekan/bulan setelahnya.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *